Monday, July 9, 2018

TUTORIAL PEMBIBITAN DAN PENANAMAN CABE

 Cabe merupakan salah  satu bahan utama dalam  pembuatan masakan  diindonesia. Tak hanya  itu  cabe juga sangat digemari  oleh pecinta masakan  dengan cita rasa pedas.  Terlebih masyarakat  indonesia dibagian timur  pulau jawa. Sangat menggemari cabai sebagai menu khas mereka.

Dengan kata lain cabe juga baik dan bagus untuk dibudidayakan. Karna permintaan pasar yang sangat tinggi. Terlebih indonesia memiliki iklim tropis ini sangat cocok bagi pengguna yang gemar atau suka dan tertarik dalam hal membudidayakan tanaman cabe.  Walaupun  dalam kenyataan dilapangan penanaman cabai ini agak sulit.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan  dalam pembudidayaan tanaman cabai diindonesia. Oke untuk itu. Hal yang harus diperhatikan dalam pembudidayaan tanaman cabai adalah :

A. Jenis cabai
Pada pasar cabai diwilayah bangka belitung khususnya ada beberapa kreteria cabai yang menentukan harga jual dari cabai tersebut. Untuk cabai tertentu ada yang mencapai harga Rp. 80.000 perkilo. Harga ini bukan ketika kita menjual cabai pada saat menjelang hari besar keagamaan tertentu. Jdi ketika kita menjual cabai jenis ini pada saat hari besar kmungkinan harga nya bisa mencapai Rp.120.000 perkilo.
Adapun jenis cabai yang sering dicari pasar tradisional adalah sebagai berikut:

1. Cabai banci
Mengapa cabai banci. Karna jenis cabai ini merupakan jenis cabai yang ketika masa muda cabai ini warna nya hijau mengkilat. Cabai jenis ini dr segi rasa memang agak kurang memiliki rasa pedas.  Biasanya cabai ini dikonsumsi ketika kita membeli gorengan yang disertakan oleh penjual.

2. Cabai biasa

Cabai jenis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan cabai banci. Namun ketika muda jenis cabai ini memiliki warna hijau muda. Dan ketika  tua warna nya akan merah sempurna.

3. Cabai burung

Cabai burung merupakan jenis cabai yang harga nya lebih mahal dr jenis cabe sebelumnya cabe ini sangat diminati oleh pembeli karna memiliki cita rasa yang sangat pedas. Bentuk dr cabe ini berbeda dengan cabai banci dan cabai biasa. Dr ujuran lebih kecil dan berbentuk gempal. Gemuk pendek
Proses selanjutnya pemilihan benih atau bibit.

B. Pemilihan bibit cabai.
 Ada beberapa metode yang bisa diterapkan ketika kita melakukan pemilihan bibit cabai. Bisa  dengan cara membeli dari toko pertanian atau dengan pembibitan manual dengan cara memilih dari cabe yang memiliki kreteria baik. Contoh nya :
1. Pada buah cabai tidak terdapat kelainan bentuk.
2. Buah cabai Matang sempurna
3. Tidak ada hama lalat buah pada buah cabai yang akan dijadikan bibit.
2. Proses penyemaian bibit cabai

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kita terapkan Untuk melakukan penyemaian dengan menggunakan bibit dari sachet.  Yang telah penulis lakukan diantaranya adalah :

1. Dengan menggunakan media tisu
Dengan menggunakan media tisu hal ini bisa kita lakukan dengan sangat sederhana. Lamgkah yang harus dipersiapkan diantara nya :
A. Ambil 2 sampai 3 lembar tisu kira kira ketebalan 1 cm. Kemudian semprot tisu dengan menggunakan sparyer.
B. Ambil bibit baik dr sachet atau penyemaian mandiri.
C. Susun benih cabai diatas tisu yang telah dibasahi.
D. Letakan tisu kembali diatas benih yang telah kita semai.
Untuk hasil maksimal dan supaya benih cepat tumbuh. Lakukan pembenihan dengan menggunakan toples atau wadah makanan yang bisa  ditutup rapat.  Diamkan selama 3 hari nanti akan muncul benih cabai pada kertas tisu.


2. Dengan menggunakan media tanah
Penulis melakukan penyemaian tanaman dengan menggunakan media tanah untuk melakukan proses pembenihan. Dengan menggunakan tanah kita lebih efisien tempat. Lebih jelasnya. Langkah yang harus dilakukan adalah
A. Siapkan sebuah kotak kayu ukuran 30 x 60 cm.
B. Kemudian untuk alas nya berikan sebuah kardus bekas atau karung bekas. Sebagai alas.
C. Berikan tanah diatas bahan tdi kurang lebih sampai ukuran dua buah ruas pada jari tunjuk.
D. Kemudian tabur benih cabai pada bagian atas dan berikan atau siram tanah jangan terlalu banyak pada benih tadi dan lakukan penyiraman dengan menggunakan sprayer.
E.. Siapkan atap bisa berupa plastik diatas kotak yang telah kita buat. Apabila letak semaian diluar rumah hal ini sangat wajib dilakukan



EmoticonEmoticon